• 15 May 2024

Kastuba Merah, Identik Hiasan Natal

uploads/news/2021/12/kastuba-merah-identik-hiasan-84055670ce9c144.jpg

"Selain pohon cemara, kastuba merah juga paling laku saat Natal tiba.."

Suasana Natal masih melekat. Beberapa toko dan jalan masih memasang ornamen-ornamen Natal. Selain pohon cemara, ada tanaman lain yang identik dengan perayaan natal yaitu tanaman kastuba merah atau yang biasa disebut christmas flower.

Tanaman berwarna merah dan hijau ini juga menjadi icon saat Natal tiba. Warnanya yang merah, membuat tanaman ini cocok untuk dijadikan dekorasi dan banyak diburu untuk memeriahkan suasana Natal. "Selain pohon cemara, kastuba merah juga paling laku saat Natal tiba," kata Hedar saat ditemui di sentra flora fauna semanan.

Baca juga: Cemara Laris Manis di Hari Natal

Tanaman hias yang memiliki nama latin Euphorbia pulcherrima ini merupakan, tanaman yang hidup di iklim tropis, memiliki kelembapan udara yang sedang dan udara yang tidak terlalu panas. Oleh karena itu, kastuba merah banyak ditanam di daerah Bandung Jawa Barat. Sebab, Bandung memiliki udara dingin sehingga cocok untuk kastuba merah hidup.

"Kastuba merah ini ditanamnya di Bandung, karena udara disana dingin dan tidak terlalu panas jadi cocok untuk kastuba merah bisa bertahan hidup," ujarnya.

Baca juga: Tips Memilih Pohon Natal yang Bagus

Meskipun kastuba merah cocok hidup di daerah dingin seperti Bandung, jika Sahabat Tani tinggal di iklim seperti Jakarta dan ingin merawatnya, menurut Hedar, ada beberapa cara yang bisa Sahabat Tani lakukan agar kastuba merah tetap bertahan hidup.

"Kalau dari awal proses penanaman, kastuba merah itu tidak cocok untuk hidup di iklim seperti Jakarta. Tetapi jika ingin menanamnya, berikan tanah diatas pesaknya agar tanaman menjadi dingin," jelasnya.

Baca juga: Menyantap Babi Panggang di Hari Natal

Selain itu untuk perawatannya, Kastuba merah cukup mudah dan tidak mengeluarkan biaya banyak. Kastuba merah hanya perlu di beri pupuk dan di sirami dengan air 2 minggu sekali. "Pupuk dan di siram 2 minggu sekali, jangan terlalu sering agar tidak cepat mati," imbuhnya.

Tanaman kastuba ini dijual dengan harga bervariasi, tergantung ukuran tanaman tersebut. "Harganya bervariasi, dari mulai 40 ribu sampai dengan 80 ribu, tergantung besar kecilnya tanaman," ujarnya.

Baca juga: Arti Simbol Rusa pada Hari Natal

Related News