• 25 April 2024

Ini Kandang Ayam yang Ideal

“Kalau temperature kandang ayam itu idealnya maksimum ada di suhu 26 derajat celcius”

Kandang merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun peternakan ayam. Kandang yang baik, tentu akan menghasilkan kualitas ayam yang baik pula. Ayam jadi lebih sehat, cepat tumbuh, dan menghasilkan telur secara optimal.
Jika Sahabat Tani ingin mulai membangun peternakan ayam, perlu mengetahui beberapa cara yang tepat untuk dalam pembuatan kandang.

Menurut Herdadi, peternak ayam layer, hal pertama yang paling penting adalah perencanaan. Apalagi jika Sahabat Tani hendak membangun peternakan komersial dan skala besar, kandang harus memiliki semua fasilitas yang diperlukan untuk ayam.

Herdadi membeberkan beberapa faktor penting yang harus Sahabat Tani perhatikan jika ingin membangun kandang ayam petelur. “Kalau temperature kandang ayam itu idealnya maksimum ada di suhu 26 derajat celcius,” ucapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di peternakannya, Cisadane Pradana Farm.

Baca juga: Bedanya Ayam Layer dan Broiler

Selain itu, menurut pengalaman bapak satu anak ini, untuk memenuhi suhu yang ideal Sahabat Tani perlu memperhatikan pemilihan lokasi peternakan. “Kalau sekiranya kondisi wilayah Sahabat Tani tidak sesuai suhu ideal, misal di daerah yang panas, sebaiknya menggunakan kandang close. Kandang yang ditutup semua, kemudian menggunakan AC. Kandang close ini sebenarnya mendekati sempurna hanya saja biayanya besar,” jelas Herdadi.

Lebih lanjut alumnus Universitas Bung Karno ini mengatakan, sebaiknya saat Sahabat Tani memilih lokasi kandang, pilihlah daerah yang tidak memiliki suhu terlalu panas maupun terlalu dingin. “Jadi sebaiknya dari awal memang dilihat pemilihan daerahnya jika memang menggunakan kandang open. Kemudian jangan sampai suhu daerahnya terlalu dingin juga, maksimal itu 300 mdpl. Itu paling ideal. Karena kalau lebih tinggi lagi, nanti oksigennya semakin sedikit. Oksigen tipis, tidak bagus juga untuk kehidupan ayam,” jelasnya.

Baca juga: Solusi Menghilangkan Amonia di Kandang Layer

Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain perlu dipertimbangkan jika Sahabat Tani akan membangun kandang ayam yaitu akses jalanan. “Kemudian ada faktor lain juga yang perlu dipertimbangkan jika bangun kandang ayam. Misalnya akses transport, rute jalannya apakah mudah atau tidak. Mobil harus bisa masuk akses ketika akan melakukan pengiriman,” imbuhnya.

Selain itu, ideal atau tidaknya kandang ayam bisa Sahabat Tani lihat dari posisi kandang. Menurut Herdadi, posisi kandang yang ideal yaitu menghadap timur dan barat.

“Jadi kalau untuk kandang open, posisi yang idealnya itu ujung-ujungnya ke arah timur dan barat. Alasannya, karena mengikuti posisi matahari. Kalau posisi timur dan barat, yang terkena sinar mataharinya itu hanya ujung-ujungnya saja. Kalau posisinya selatan dan barat, bagian yang terkena sinar matahari itu seluruh ayam atau sisi sampingnya,” tutupnya.

Baca juga: Pecah, Harga Telur Meroket Tajam

Related News