• 15 June 2024

Tips Ampuh Mencegah Penyakit Ayam Bangkok

uploads/news/2021/12/tips-ampuh-mencegah-penyakit-89395a3dbeaee90.jpg

"selalu membersihkan tempat pakan minum ayam dengan antiseptic secara rutin seminggu sekali terus ayam jangan terlalu capek istirahat cukup dan pakan yang diberikan juga secukupnya"

Pada musim pancaroba seperti ini, berbagai macam penyakit dengan mudah dapat menyerang ayam bangkok. Perkembangan virus, bakteri, dan jamur merupakan salah satu penyebab ayam kita sering terserang penyakit.

Dimana pada musim seperti ini, pertahanan tubuh pada ayam biasanya sangatlah lemah. Dan hal ini pula yang menjadi salah satu faktor penyakit jadi sangat cepat menyebar dan menyerang ayam laga kesayangan. Dan efek yang ditimbulkan sangatlah bervariasi, mulai dari yang ringan, hingga yang efeknya berat.

Baca juga: Sejarah Ayam Pakhoy, Petarung Andalan Thailand

Salah satu kasus nya yang paling mengemparkan dan menakutkan adalah kasus flu burung yang diakibatkan inveksi dan penyebaran virus hingga banyak membuat para juragan ayam dibuat frustasi karena banyak ayam-ayam mati dengan sangat cepat.

Rubby Ferdiansyah atau yang lebih dikenal dengan Rubby Pakhoy akan memberikan tips ampuh mencegah penyakit ayam bangkok. Tapi sebelumnya ia akan memberi tahu terlebih dahulu apa penyebab terjadinya penyakit pada ayam Bangkok. “Kalau ayam ini memang tergantung cuaca, biasanya kalau cuaca perubahan seperti musim pancaroba yang paling sering terjadi itu ngorok dan snot atau mata bengkak nah itu disebabkan oleh perubahan suhu yang drastis dari panas ke hujan terumata untuk kandang-kandang yang beralaskan tanah,” ujarnya.

Lokasi kandang yang buruk juga dapat mempengaruhi kesehatan ayam, terutama terkait tingkat penyebaran penyakit ayam, begitupun sebaliknya dan juga penempatan lokasi kandang ayam yang benar juga merupakan salah satu kunci sukses budidaya ayam bangkok.

Baca juga: Cara Menjinakkan Ayam Bangkok yang Galak

“Baiknya sih pemilihan lokasi pada ayam bangkok tidak boleh asal dilakukan. Pilihlah lokasi dimana tidak berdekatan dengan tempat budidaya ayam potong atau budidaya hewan lain. Hal ini dikarenakan penyebaran virus dari ayam potong atau dari hewan lain sangatlah besar dikarenakan jumlah mereka yang sangatlah banyak sehingga peluang penyebarannya sangatlah mudah. Pilih kandang yang luas dan bebas sirkulasi udara,” saran Rubby.

Rubby juga menyarankan kandang ayam bangkok diwajibkan untuk dijuahkan dari lalu lalang orang atau hewan lainnya. Menurutnya, Hal ini perlu dilakukan karena lalu lalang orang atau hewan lainnya merupakan salah satu mediator pembawa bibit penyakit dari luar yang dengan mudahnya dapat masuk ke dalam kandang.

“Mencegah semua jenis penyakit ayam secara keseluruhan sebaiknya manajemen kandang yang baik yaitu kebersihan dan maintance kandang. Dalam artian selalu membersihkan tempat pakan minum ayam dengan antiseptic secara rutin seminggu sekali terus ayam jangan terlalu capek istirahat cukup dan pakan yang diberikan juga secukupnya,” tutupnya.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Penyakit Ayam Bangkok

Related News