• 6 May 2024

Ikan Paling Diburu di 2021

uploads/news/2021/12/ikan-paling-diburu-di-90949199f12ac00.jpg

"Selain ikan cupang, ikan guppy dan molly juga banyak dibeli di tahun 2021”

Pada tahun 2021 ini ikan cupang memanglah banyak diburu oleh banyak orang. Karena ikan cupang memiliki warna yang unik. Tapi, selain ikan cupang, ikan guppy dan ikan molly juga menjadi banyak diburu pencinta ikan hias. Adun, penjual ikan hias di kawasan Semanan, Jakarta Barat, mengaku tahun 2021 banyak pembeli yang memburu  guppy dan molly di tempatnya. "Selain Ikan Cupang, ikan guppy dan molly juga banyak dibeli di tahun 2021," kata Adun kepada Jagad Tani.

Ikan guppy memiliki nama latin Poecilia reticulata. sama seperti ikan cupang ikan guppy juga merupakan ikan jenis air tawar. Karena keindahan bentuk tubuhnya yang mungil dan memiliki corak berwarna warni, ikan guppy ini memiliki banyak penggemar. "Bentuk ikan guppy mungil dan berwarna-warni sehingga banyak yang ingin memeliharanya," ujarnya.

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Koi Terpopuler

Sedangkan ikan molly yang bernama latin Poecilia Sp ini memiliki bentuk tubuh yang menjadi ciri khas, yaitu memiliki perut yang buncit dan siripnya yang lebar. Keunikan itukah yang juga membuat ikan Molly banyak diburu. "Kalau untuk ikan molly, karena perutnya buncit dan siripnya melebar," jelas pria berusia 26 tahun tersebut.

Ikan guppy dan molly digemari banyak orang untuk dipelihara karena selain unik, guppy dan molly memiliki harga yang relatif murah dan dapat dengan mudah dijumpai. Harga guppy dan molly bervariasi tergantung dari keunikannya.

"Harganya bermacam macam, ada yang Rp 10 ribu dapat 3 ekor dan ada yang Rp 10 ribu dapat 4 ekor, semakin unik warna dan bentuknya maka semakin mahal," jelasnya.

Baca juga: Untung Rugi Petani Ikan Hias Parung

Ikan guppy dan molly dapat hidup dalam 1 akuarium. Dikenal dengan ikan yang ramah, guppy dan molly juga bisa bertengkar kecil. "Mereka ada di dalam 1 akuarium tidak masalah, bertengkar kalau sedang melindungi pasangannya, tidak sedikit pula yang membeli guppy sekaligus dengan molly," kata pria berkaos hitam itu saat reporter Jagad Tani temui di kiosnya.

Memelihara guppy dan molly cocok sekali untuk pemula karena cara perawatannya sangat mudah. Tidak perlu perawatan khusus, ikan guppy dan molly cukup diberi makanan yang bervitamin dan memperhatikan penyaringan air. "Perawatannya mudah, beri makanan bervitamin yang cukup, lalu harus ada penyaringan air, itu saja, cocok untuk pemula," katanya.

Baca juga: Waspada Penyakit Dropsy pada Mas Koki

Related News