• 29 March 2024

Cara Menjinakkan Soang yang Galak

uploads/news/2021/12/cara-menjinakkan-soang-yang-66114101ab84441.jpg

"Semua soang itu galak kalau sama orang asing, karena dengan dia mengejar orang itu adalah pertahanan diri dia supaya dia tidak dikejar balik.."

Beberapa orang mungkin takut dengan hewan yang satu ini. Selain karena paruhnya yang panjang, yang menyebabkan orang takut bertemu dengan angsa atau soang adalah karena larinya yang kencang dan bisa mematuk kaki manusia saat dikejar.

Tidak hanya itu, soang sangat ditakuti oleh beberapa orang karena hewan yang satu ini terbilang amat agresif. Soang adalah hewan yang memiliki area teritorial sendiri, mereka sangat sensitif dengan orang asing. Hal tersebut ialah alasan mengapa soang kerap mengejar siapapun yang lewat didepan mereka. 

Baca juga: Begini Strategi Penjual Bebek Pedaging

Soang biasanya akan mencondongkan leher mereka kedepan lantas mengejar sambil mengepakan sayap mereka lalu memekik dengan suara yang cukup keras. Namun bukan berarti kita tidak bisa memenangkan duel dengam soang jika kita tidak sengaja bertemu mereka dijalan loh Sahabat Tani.

Khaerudin, Peternak Bebek Hibrida yang berlokasi di Ciseeng, Bogor akan memberikan tips khusus untuk Sahabat Tani bagaimana cara menjinakkan soang yang suka mengejar. “Memang ada caranya, pertama dari DOD atau anakan kita harus bikin suara sendiri pas masukin ke kandang, tujuannya agar dia mengenali siapa pemiliknya, kalau saya sih suaranya seperti ba..ba..ba.. gitu,” jelasnya.

Baca juga: Kisah Peternak Bebek Rugi Puluhan Juta

Cara paling aman adalah menghindari wilayah teritorial mereka, soang amat sangat sensitif dengan orang asing. Sehingga mereka akan menganggap siapapun yang lewat sebagai penyusup. Tapi ingat, jangan kencang-kencang megangnya karena soang akan mati, dan ketika ingin mengangkat jangan sampai dibawa anaknya atau temannya karena jika begitu soang akan menganggap kita mencuri.

“Semua soang itu galak kalau sama orang asing, karena dengan dia mengejar orang itu adalah pertahanan diri dia supaya dia tidak dikejar balik. Beda kalau sama pemiliknya dia pasti akan nurut sama seperti hewan peliharaan pada umumnya sih, “ tambah pria yang akrab disapa Aeng itu.

Tips selanjutnya, jika kita takut pada soang, pertama hilangkan rasa takut itu. Kedua, soang biasanya yang menyerang kita akan merunduk, menjulurkan leher dan kepalanya ke arah kita. Ketika dia berlaku demikian, tangkap saja lehernya, atau bisa juga diangkat.

Baca juga: Kiat Sukses Ternak Entok Cepat Bertelur

Related News