• 15 September 2024

Ternyata Ini Alasan Orang Memelihara Soang

uploads/news/2022/01/ternyata-ini-alasan-orang-813873cea66f7f2.jpg

"Alasannya karena hewan ini kan agresif dan galak, jadi kalau ada maling atau orang asing dia pasti bakal menyerang. Ditambah lagi soang ini mudah dibudidayakan karena dia memiliki daya tahan tubuh yang kuat"

Soang sangat ditakuti oleh beberapa orang karena hewan yang satu ini terbilang amat agresif. Soang adalah hewan yang memiliki area teritorial sendiri, mereka sangat sensitif dengan orang asing. Hal tersebut ialah alasan mengapa soang kerap mengejar siapapun yang lewat didepan mereka. 

Soang biasanya akan mencondongkan leher mereka kedepan lantas mengejar sambil mengepakan sayap mereka lalu memekik dengan suara yang cukup keras. Namun bukan berarti kita tidak bisa memenangkan duel dengan soang jika kita tidak sengaja bertemu mereka dijalan loh Sahabat Tani.

Meski begitu, beberapa orang tetap memelihara hewan agresif ini loh Sahabat Tani. Biasanya orang-orang memelihara soang atau angsa untuk menjaga lahan atau toko tetapi tak hanya itu ada mitos juga yang mengatakan bahwa soang adalah salah satu hewan pembawa keberuntungan bagi orang Chinese.

Baca juga: Cara Menjinakkan Soang yang Galak

“Soang atau angsa ini biasanya dipelihara sama orang-orang untuk jagain lahan perkebunan atau ternak hewan seperti kambing atau sapi. Akan tetapi ada juga mitos yang menyatakan kalau soang ini pembawa hoki buat orang Chinese karena orang Chinese kan banyak yang punya toko material nah biasanya itu dia ada soangnya,” tutur Khaerudin, peternak bebek asal Ciseeng, Bogor.

Pria yang lebih akrab disapa Aeng itu juga menjelaskan mengapa soang bisa menjadi hewan pembawa keberuntungan bagi kaum Chinese. “Iya alasannya karena hewan ini kan agresif dan galak, jadi kalau ada maling atau orang asing dia pasti bakal nyerang ditambah lagi soang ini mudah dibudidayakan karena dia memiliki daya tahan tubuh yang kuat jadi kenapa dibilang pembawa hoki karena hanya cukup memelihara soang toko material yang kita punya sudah pasti aman,” jelasnya.

Baca juga: Kotoran Bebek Bisa Membawa Untung

Untuk Sahabat Tani yang ingin memelihara soang, bisa manfaatkan sebuah lahan yang kosong di belakang rumah untuk bisa dibuat kandangnya. Akan tetapi baiknya untuk lokasi kandangnya ini ada di tempat yang lebih jauh dari pemukiman warga karena soang akan bersuara yang lumayan keras akan dapat mengganggu warga sekitar. Di dalam kandang ini akan dijadikan untuk tidur, makan, bertelur, dan melindungi soang dari hewan buas.

Soang ini adalah jenis unggas yang tidak bisa hanya diam di kandang saja, maka dari itu hewan galak ini harus keluar dari kandangnya dan dibiarkan keliaran. Membuat kandang soang ini bisa dengan bahan yang mudah di dapat dan ramah lingkungan, seperti contohnya dengan bambu atau batang pohon. Untuk anak soang akan di taruh ke dalam tempat yang khusus dalam kondisi hangat dan harus mempunyai ruangan yang ada lampu bohlam agar kondisi di dalam menjadi hangat suhunya.

Baca juga: Intip Rahasia Sukses Ternak Bebek

Related News