• 2 March 2024

Mengenal Kolostrum dan Manfaatnya

uploads/news/2022/01/mengenal-apa-itu-kolostrum-78094fabfc9ca66.jpg

"Susu kolostrum sapi merupakan suplemen makanan alami yang menawarkan manfaat kesehatan sangat besar bagi segala usia.."

Kolostrum adalah susu pertama yang dihasilkan oleh induk sapi setelah melahirkan. Kolostrum merupakan cairan yang dihasilkan oleh mamalia sesaat setelah melahirkan, yang mendahului produksi ASI. Bagi bayi baru, kolostrum adalah makanan pertamanya, meski jumlahnya hanya beberapa tetes. Kolostrum akan memberikan antibodi pada bayi dan membantu pertumbuhan sampai ia mampu membangun kekebalan tubuhnya sendiri.

Sama seperti manusia, induk sapi juga menghasilkan kolostrum, yang tentu saja baik bagi bayi sapi. Namun kolostrum dari sapi sudah sejak lama diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Sapi yang Layak di Transfer Embrio

Bovine colostrum adalah susu pertama yang dihasilkan oleh induk sapi setelah melahirkan. Sama seperti pada manusia, kolostrum sapi tidak banyak diproduksi. Kolostrum ini juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting dan antibodi pada bayi sapi. Yanyan Setiawan, S.Pt. M.Si selaku Sub Koordinator Pemeliharaan Ternak di Balai Embrio Ternak. Ia menjelaskan apa itu kolostrum dan juga manfaat yang terdapat didalamnya.

“Kolostrum yaitu susu induk pertama yang harus diberikan kepada pedetnya itu sebagai antibody imunitas tubuh, kolostrum yang diberikan juga jumlahnya harus sesuai karena yang kita cetak disini adalah sapi-sapi yang unggul dan potensi bibit unggul jadi nutrisinya harus di cukupi sedari kecil,” ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Inseminasi Buatan pada Sapi

Ternyata kolostrum tidak hanya bermanfaat bagi anak sapi saja loh, Sahabat Tani. Susu kolostrum sapi merupakan suplemen makanan alami yang menawarkan manfaat kesehatan sangat besar bagi segala usia termasuk bayi. Susu kolostrum sumber makanan tinggi karbohidrat, protein dan antibodi, namun rendah lemak dan sangat mudah dicerna.

Mengonsumsi susu kolostrum dapat memperkuat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.Termasuk memperkuat tubuh untuk meningkatkan energi, meningkatkan kinerja atletik, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan menyeimbangkan proses di saluran pencernaan.

“Kolostrum ini kalau buat manusia juga banyak sekali manfaatnya dan dia itu rendah lemak, kalau ada yang berkunjung ke BET juga suka ada beberapa yang mencoba langsung di peras dari sapinya,” jelas Yanyan.

Susu memang merupakan salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh. Tapi jika ingin mengonsumsinya tetap harus dimasak terlebih dahulu ya Sahabat Tani, agar lebih sehat dan jauh dari bakteri.

Baca juga: Langkah-Langkah Transfer Embrio Pada Sapi

Related News