• 29 March 2024

Bertani Aglaonema Hingga Kirim ke Papua

"Untuk pemesanan lumayan ya dari mana-mana, yang ini mau dikirim ke papua"

Sahabat Tani, di era digital seperti sekarang ini hampir semua aktivitas dapat di lakukan secara online. Salah satunya adalah aktivitas perdagangan. Mulai dari perdagangan yang menjual furniture, makanan, sampai dengan tanaman juga ada loh.

Bagi Sahabat Tani yang ingin membeli tanaman Aglaonema, tapi terkendala jarak yang jauh, tenang saja. Karena tanaman Aglaonema kini sudah dijual di E-Commerce dan dapat dikirim kemana saja. Kamal mengatakan bahwa untuk menjualkan Tanamannya secara Online, ia melihat peluang di pasaran terlebih dahulu.

"Saya lihat peluang yang ada di pasaran," katanya.

Kamal berusaha untuk mengikuti peminat masyarakat dalam bermain sosial media, dengan menjual Aglaonema di berbagai sosial media seperti Youtube, Instagram, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan juga Lazada.

"Seperti ada yang bermain di Instagram belum tentu main di Facebook, jadi kita garap yang di Instagram. Seperti ada yang main di Shopee belum tentu main di Tokopedia, nanti kita garap yang di Shopee. Jadi setiap orang mempunyai kesenangannya tersendiri dalam menggunakan sosial media. Mungkin ada yang lebih senang menggunakan di Instagram, Facebook, ada yang lebih senang berbelanja di Shopee, atau Tokopedia, itu semua kita garap, saat ini penjualan ada di Youtube, Instagram, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan juga Lazada," jelas pria yang memakai baju hitam tersebut.

Baca juga: Pentingnya Vitamin untuk Aglaonema

Karena menjual Aglaonema melalui berbagai sosial media, Kamal mendapat pesanan dari berbagai daerah, mulai dari dalam pulau hingga yang diluar pulau seperti Papua.

"Untuk pemesanan lumayan ya dari mana-mana, yang ini mau dikirim ke Papua," ujarnya sambil menunjukan Agalaonema yang sudah rapih di kemas dan siap dikirim ke Papua.

Untuk proses pemesanan, Kamal mengatakan bahwa jika pesan melalui Whatsapp dan segera mentransfer biaya yang sesuai dengan harga yang sudah ditentukan, maka hari ini pula akan dikemas dan siap dikirim ke tempat tujuan.

"Kalau melalui Whatsapp, lalu sekarang juga transfer, maka akan segera dikemas kemudian dikirim. Karena untuk proses pengemasan, tidak memakan waktu yang lama," ujarnya.

Walau pun dalam pengiriman Aglaonema menggunakan layanan jasa pengiriman, Tetapi Sahabat Tani tak perlu khawatir, Kamal menjelaskan bahwa pengiriman Aglaonema dapat dipastikan aman, dan tidak akan merusak keindahan Aglaonema. Karena Kamal memperhatikan berbagai aspek seperti dari medianya.

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Menyerang Aglaonema

"Pertama kita pastikan medianya tidak lembab atau basah, karena nanti bisa nyonyot batang atau akarnya," ujarnya.

Setelah memperhatikan medianya, Kamal menjelaskan cara pengemasan Aglaonema agar tetap aman sampai tujuan.

"Untuk pengemasannya, daunnya kita bungkus rapih dengan tisu atau bisa juga menggunakan kertas. Untuk pelapisannya kita bisa pakai paralon atau kardus agar tidak rusak di perjalanan," jelas pria yang memiliki e-commerce bernama Lestari Tanaman ini.

Kamal menceritakan bahwa selama penjualan secara online ini, tidak ada komplainan apa pun dari customer, semua barang sampai di tujuan dengan aman.

"Alhamdulillah ya, kalau untuk komplainan nggak ada, komplainan barangnya rusak pas sampai, juga nggak ada, yang ada malah laporan kalau Aglaonema sampai dengan aman," katanya.

Baca juga: Cara Merawat Si Cantik, Red Anjamani

Related News