• 5 May 2024

Bikin Kaget, Berikut Harga Ayam Serama

"Pasarannya Ayam usia dewasa yang sudah prestasi sekarang sekitar 5-30 juta.."

Ayam serama biasa disebut sebagai ayam hias yang sombong. Dadanya selalu membusung, apalagi saat berada di meja kontes. Ayam serama seakan tahu bahwa dirinya adalah model kelas atas. Meski berukuran kecil, pamor ayam serama sebagai unggas eksotis tidak kalah dari jenis lain.

Ayam asli Malaysia ini memiliki banyak keunikan. Meski sama-sama kecil, ayam serama berbeda dengan ayam kate. Bentuk tubuhnya lebih kecil dan tegak daripada ayam kate. Postur tubuh ayam serama tegak lurus dengan kaki dan sayapnya. Dadanya akan membusung dengan posisi kepala yang hampir menyentuh ekor. Itulah yang membuat banyak orang terlena dengan liuk tubuhnya.

Baca juga: Jangan Tertukar Antara Serama dan Kate

Karakter unik itu lah yang membuat ayam ini memiliki harga cukup fantastis, seperti yang diakui oleh Imam Thamami, pemilik Thama Serama Betta yang juga sebagai pembudidaya Ayam Serama. “Dari dulu sudah dilihat dari bentuk tubuhnya, anatomi dari jengger sampai kaki dengan karater menyombongkan diri yaitu membusungkan dada, itulah yang menyebabkan ayam ini mahal,” ujarnya.

Thama sendiri mengaku pernah menjual ayam serama miliknya seharga 8 juta. “Saya paling menjual ayam serama itu 8 juta. Nah kalau yang puluhan juta biasanya ayam yang sudah Best of the Best atau ayam-ayam import,” tambah Thama.

Baca juga: Memilih Ayam Serama Calon Juara

Karena memang, ayam serama sendiri saat ini sudah dikenal sampai seluruh Indonesia loh Sahabat Tani, jadi tak heran jika harganya pun langsung melambung tinggi karena pasti sudah banyak ayam serama silangan-silangan dari daerah lain.

Kini ayam serama sudah banyak dipelihara di Indonesia, Tersebar di pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Bali, NTT, Sampai Papua. Namun, banyak yang sudah bercampur dengan persilangan jenis lain. Meski sudah tersebar luas namun jika dibandingan dengan unggas lain ayam serama jumlahnya tidak terlalu banyak.“Kalau kisaran harga sih tergantung yang jual.. pasarannya sekarang usia dewasa ayam yang sudah prestasi itu sekitar 5-30 juta.. kalau yang belum prestasi tapi siap kontes sekitar 1-5 juta,” tutupnya.

Baca juga: Sejarah Serama, Ayam Silangan Asal Malaysia

Related News