• 21 July 2024

Begini Tips Memilih Lobster Yang Segar

uploads/news/2022/04/begini-tips-memilih-lobster-231023957bfc2df.jpg

Sebagai salah satu santapan laut populer, lobster seringkali hadir menjadi sajian mewah yang ditawarkan di berbagai restoran. Selain rasanya yang nikmat, lobster juga dikenal sebagai makanan yang bernutrisi tinggi. Umumnya, satu lobster mengandung 26,9 gram protein. Namun sebelum hendak menyantap lobster, perlu diketahui terlebih dahulu cara memilih lobster yang berkualitas baik dan masih segar.


Mauda Irvan Hakim, salah satu pembudidaya lobster air tawar yang berasal dari BSD, Tangerang Selatan, memberikan tips untuk memilih lobster segar. “Ada dua cara, yang pertama dapat dilihat dari warna daging yang sudah putih susu tidak bening, itu menandakan lobster sudah mati lama, dan yang kedua jika mencium aroma busuk walaupun daging terlihat masih putih itu tandanya sudah tidak segar,” jelas pria yang akrab disapa Irvan kepada Jagad Tani, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca juga : Cara mudah merawat lobster air tawar


Seperti yang telah dikatakan Irvan, sebelum mengolah makanan dari lobster maka sebaiknya membeli lobster dengan ciri-ciri yang tidak berbau dan warnanya cerah. Karena daging lobster tidak berbau melainkan segar. “Tapi lobster itu tidak se-bau amis ikan, jika dicium dalam keadaan mati aromanya tetap segar,” lanjutnya.


Jika Sahabat Tani masih penasaran, maka tips selanjutnya ialah memegang lobster. Sebab, dengan memegangnya Sahabat Tani akan mengetahui pasti kesegaran lobster. Saat badan lobster dipegang terasa keras maka itu merupakan ciri lobster yang segar. Namun, hal ini tidak disarankan bagi yang belum berpengalaman memegang lobster.


Tak hanya itu, yang perlu diperhatikan saat memilih lobster segar ialah dengan memilih lobster yang masih hidup. Karena lobster yang masih hidup akan menentukan kesegaran lobster. Pada lobster hidup, Sahabat Tani dapat melihat gerakan respon cepat dari kaki lobster.


Selanjutnya, menurut Food Republic, terdapat dua jenis lobster, yaitu dengan cangkang keras dan lunak. Pada lobster cangkang keras umumnya daging akan terasa lebih amis sementara pada lobster cangkang lunak maka lobster terasa lebih lunak, dagingnya sedikit lebih manis dan lezat untuk disantap.

Baca juga : KALOG Beri Diskon pengiriman khusus petani


Terakhir, saat hendak memilih lobster segar maka, penting untuk memperhatikan bagian cakar lobster khususnya yang berwarna merah cerah. Pada lobster yang telah berganti cangkang maka cakarnya akan terlihat bersih sedangkan lobster yang belum berganti cangkang, cakarnya akan terlihat sedikit goresan.

Related News