• 15 April 2024

Ternak Ikan Channa, Simak Agar Sukses

Jagadtani - Perkembangan ikan channa semakin menjanjikan, seiring banyaknya kontes ikan predator. Namun banyak yang masih mengandalkan ikan impor dari berbagai negara atau dari daerah lain di Indonesia. Padahal dengan melakukan budidaya sendiri dapat memberikan banyak keuntungan. Tetapi banyak yang mengatakan budidaya ikan channa sangat sulit, sesuai karakter predator.

Ternak Ikan Channaa, Simak Agar Sukses"Ternak Ikan Channaa, Simak Agar Sukses"
 

Entah kesulitan budidaya ikan channa dikarenakan sifat ikan predator yang selalu menjaga wilayahnya atau teritorial. Atau justru para pembudidaya tidak ingin membagikan informasi cara berternak ikan channa demi menjaga pasar konsumen mereka.

Beruntung, tim Jagadtani bertemu dengan Bayu Eminda Prasetya - owner Gudang Channa Cibinong (Alaz Fish Cibinong). Berbagai informasi tentang berternak ikan channa yang telah dilakoni sejak 2018, diberikan pada kami. 

Untuk sukses ternak ikan Channaa, Bayu Eminda Prasetya mengatakan ada empat hal yang harus diperhatikan, meliputi:

 

Indukan Ikan Channa

Demi mendapatkan hasil ternakan yang bagus, maka indukan ikan channa harus yang terbaik. Langkah terbaik dengan mengambil indukan langsung dari daerah asalnya. 

Penjodohan Ikan Channa "Penjodohan Ikan Channa "
 

"Saya berusaha menjaga kualitas anakan ikan channa dengan memesan dari asal tersebut. Bahkan indukan yang saya miliki merupakan ikan impor. Namun sebelum memesan indukan, saya berusaha memastikan ikan channa tersebut harus yang terbaik menyesuaikan karakternya." Ungkap Bayu Eminda.

Dengan indukan yang bagus, diharapkan anakan juga mengikuti karakter induknya. Jika demikan, kesuksesan berternak ikan channa akan diikuti pundi-pundi keuntungan. Sahabat Tani makin tertarik berternak ikan Channa kan?

 

Usia indukan ikan channa

Usia ikan Channa yang digunakan sebagai indukan harus telah berumur lebih dari 8 bulan. Langkah mudah untuk mengetahui usia ikan Channa dengan melihat panjang tubuhnya. "Setiap peternak ikan Channa punya cara tersendiri dalam menentukan usia. Kalau saya dengan mengukur tubuh ikan tersebut."

Gudang Channa Cibinong "Gudang Channa Cibinong "
 

Namun sebelum mengukur ikan channa sebagai bakal indukan, Sahabat Tani harus mengetahui panjang dari ikan channa tersebut. Setiap jenis ikan Channa memiliki panjang tubuh yang berbeda. Dan setengah dari ukuran panjang makaimal, maka ikan Channa telah dapat berproduksi.

 

Kondisi air ternak ikan Channa

Agar ikan Channa nyaman dengan habitatnya, Sahabat tani harus menjaga pH air. Untuk di Gudang Channa Cibinong, Bayu Eminda Prasetya menggunakan pH 7 atau netral. Selain pH, hal yang harus diperhatikan adalah temperatur udara dan air, usahakan ada di suhu normal. 

 

Penjodohan Ikan Channa

Proses penjodohan merupakan bagian terpenting, Sahabat Tani harus memberikan perhatian khusus. Jika luput dari perhatian, dapat berakibat fatal karena calon indukan ikan channa bisa saling bantai. 

"Setiap jenis ikan Channa memiliki karakter berbeda sehingga berbeda - beda durasi waktu yang dibutuhkan hingga mencapai kata jodoh atau pairing. Setelah kedua indukan berjodoh, maka tinggal menunggu birahi keduanya."

Ternak Ikan Channaa, Simak Agar Sukses"Ternak Ikan Channaa, Simak Agar Sukses"
 

Jika warna ikan channa lebih memudar dari warna sebelumnya, maka dipastikan ikan tersebut akan siap berproduksi. Nanti Sahabat tani tinggal menunggu waktu hingga larva bermunculan. Dan tinggal dilanjutkan merawat anakan ikan atau sering disebut burayak.

Untuk perawatan burayak ikan Channa, kami akan bahas secara khusus.

 

 

 

Related News