• 16 June 2024

Kebun Percontohan Kembangkan Bibit

uploads/news/2019/10/kebun-percontohan-untuk-kembangkan-18967f88a547e6b.jpg

Untuk petani yang membutuhkan bibit bisa datang ke kebun percontohan.

BOGOR - Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor sudah membangun kebun percontohan yang menyediakan berbagai jenis bibit tanaman. Di kebun percontohan tersebut, akan disemai dan ditanam berbagai jenis tanaman mulai cabai rawit merah, cabai ijo, cabai pelangi, terong, sawi, jagung, bayam, tomat dan sebagainya.

Selain jenis tanaman sayur mayur, juga mengembangkan bibit buah-buahan mulai pohon jambu, duren, rambutan, manggis, bisbul, pala, alpukat, belimbing dan berbagai jenis pohon buah lainnya. Menurut penyuluh pertanian, Muhamad Jono, pengembangan bibit-bibitan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan kelompok tani atau sekolah yang akan ikut perlombaan penghijauan 

"Sekolahan atau dinas yang ikut lomba nanti mengajukannya kesini, mereka butuhnya tanaman jenis apa saja, nanti kita siapkan disini," kata dia kemarin.

Selain itu, pembibitan tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan para kelompok tani yang akan mengembangkan pertaniannya.

"Semua kita sediakan pembibitannya, jadi tak usah mencari keluar cukup ke sini saja karena semuanya telah kami sediakan," tambahnya.

Selain memanfaatkan lahan kosong di samping kantornya, dia juga menata lahan kosong dibelakang gedung yang cukup luas untuk pengembangan bibit peternakan dan perikanan, mulai ayam, domba garut dan kambing etawa.

"Ya, di belakang kami kembangkan untuk pengembangan peternakan, ada ayam dan kambing. Selain itu juga ada ikan hias dan lele," pungkasnya. (FD)

 

Related News