• 2 May 2024

Mengisi Liburan dengan Merawat Tanaman Hias

"Pupuk diberikan 2 atau 3 hari sekali, dan disiram 3 hari sekali, tergantung dari jenis tanamanya, contohnya seperti aglonema yang tidak bisa bertahan lama jika terlalu sering disiram”

Memasuki libur akhir tahun, Sahabat Tani sudah membuat agenda kegiatan belum? Saat memasuki masa libur, hampir sebagian besar orang mencari kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama liburan. Ada yang menikmati hari libur dengan berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga, ada pula yang menekuni hobinya untuk mengisi waktu luang.

Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang menjadikan cocok tanam sebagai sebuah hobi. Ada yang hobi menanam sayur, menanam buah-buahan atau menanam tanaman hias. Biasanya tanaman hias banyak diburu karena dapat mempercantik tampilan rumah. Tapi Sahabat Tani tahu tidak bagaimana cara merawat tanaman hias agar tetap cantik?

"Caranya harus selalu rajin memberi pupuk, dan di siram secara teratur," kata Rubi saat ditemui di sentra Flora Fauna Semanan, Jakarta Barat.

Baca juga: Alasan Udang Red Bee Tidak Dikonsumsi

Dalam hal pemberian pupuk dan penyiraman tidak boleh sembarang. Ada beberapa jenis tanaman hias yang hanya diberikan pupuk selama 2 atau 3 hari sekali, begitupun dengan penyiramannya yang dilakukan selama 3 hari sekali.

"Pupuk diberikan 2 atau 3 hari sekali, dan disiram 3 hari sekali, tergantung dari jenis tanamanya, contohnya seperti aglonema yang tidak bisa bertahan lama jika terlalu sering disiram," ujarnya.

Tempat menanam tanaman hias juga perlu diperhatikan. Karena pot harus memenuhi kriteria untuk tempat menanam tanaman hias salah satunya seperti lubang pot yang harus banyak.

"Potnya juga harus benar, tidak boleh sembarang. Pot untuk tanaman hias harus memiliki banyak lubang dibawahnya. Jika lubang hanya sedikit, maka saat menyiram air akan menggenang di atas pot, sehingga tanaman hias tidak dapat bertahan lama," jelas wanita yang memakai kerudung berwarna abu-abu itu.

Baca juga: Ini Bedanya Sawi dengan Pakcoy

Selain memberi pupuk, tanaman hias juga memerlukan vitamin agar tanaman tetap segar, sehat, dan dapat berdiri tegak. "Vitamin juga jangan lupa, agar tanaman terlihat segar, sehat, dan berdiri tegak, dan tidak layu" ujarnya.

Tanaman hias akan mengeluarkan tanda saat dirinya sedang tidak sehat, salah satunya dengan berubahnya warna daun menjadi kuning.

"Tandanya itu daun akan berubah jadi berwarna kuning, lalu akan merembet daun yang lain, kemudian tidak akan bertahan lama lagi, karena berarti akarnya sudah busuk," tutupnya.

Baca juga: Ini Cara Mengetahui Durian yang Bagus

Baca juga: Ini Cara Menanam Anggrek Bulan

Related News