• 13 June 2024

Mengenal Rossi Pemenang Kontes Sapi Kelas Mega Bintang

Jagadtani - Kontes sapi menjadi ajang bergengsi bagi para peternak sapi yang ingin menunjukkan prestasi dari hasil seleksi dan perawatan mereka. Salah satu kontes terbesar di Jakarta adalah Kontes & Expo Sapi APPSI Piala Pimpinan MPR RI di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara.

Dalam kontes dan expo sapi garapan Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) , dipastikan sapi-sapi terbaik dari berbagai peternakan sapi di seluruh daerah.

Sapi tersebut akan mengikuti kontes yang berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, seperti bobot, dan lain-lain.

Di antara berbagai ras sapi yang berpartisipasi, Sapi Simental seringkali menjadi sorotan karena keunggulan dalam berbagai aspek yang diinginkan. Sapi simental, dengan ciri khasnya yang gagah dan produktif, telah menjadi pusat perhatian dalam industri peternakan global. 

Kontes sapi simental bukan sekadar pameran hewan ternak, tetapi juga perayaan kecanggihan genetik dan perawatan terbaik yang dilakukan oleh para peternak. Sapi simental berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss. Mereka dikenal dengan tubuh besar, otot kuat, dan karakter yang ramah. Selain itu, sapi simental juga dikenal sebagai sapi penghasil susu yang baik.

""Show Rossi""
 
Sapi-sapi monster super besar di kontes sapi APPSI Kemayoran 2024 sangat beragam salah satu sapi yang memiliki nominasi juara kelas ekstrim adalah Rossi. Berasal dari peternakan Sumber ternak Farm yang dimiliki oleh pak bambang. Lokasi farmnya berada di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Masa pemeliharaan Rossi sangat ekstrim dengan pemberian pakan yang ektra seperti konsentrat yang di kombor. Pemilik farm tidak menyangka bahwa sapi tersebut akan sebesar seperti sekarang. Rossi sudah dipelihara selama 3 tahun. Pemberian pakan konsentrat sekali combor diberikan sekitar 20kg. Untuk hijauannya sendiri diberikan seperti rumput gajah dan juga kulit jagung.

Di Kontes Sapi APPSI Kemayoran, setiap sapi Simental yang berpartisipasi mewakili dedikasi dan kerja keras peternaknya. Meskipun hanya beberapa yang bisa meraih gelar, semua sapi ini menunjukkan standar keunggulan dalam ras Simental dan memperkaya industri peternakan sapi di Indonesia.

Dan pastinya dengan kontes dan expo sapi APPSI piala pimpinan MPR, diharapkan dapat menarik minat calon peternak muda untuk berbisnis di sektor peternak sapi. Indonesia sendiri menargetkan untuk mewujudkan swasembada daging sapi.

Related News