• 29 April 2024

Sulap Kunyit Jadi Minuman Kekinian

uploads/news/2021/04/sulap-kunyit-jadi-minuman-14588977f2301e8.jpg

"Tidak melulu kuno, bahan-bahan utama jamu bisa Sahabat Tani racik jadi lebih modern, sama halnya dengan minuman-minuman kontemporer yang biasa ditemukan di kafe atau restoran besar"

JAKARTA – Siapa yang tak kenal jamu? Minuman herbal ini menjadi ramuan sehat sekaligus obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dan menjadi minuman yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data dari penelitian Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, sebanyak 60 persen dari penduduk Indonesia sudah pernah mengkonsumsi jamu, dengan rentang usia 15 tahun ke atas.

Nah, tidak melulu kuno, bahan-bahan utama jamu bisa Sahabat Tani racik jadi lebih modern loh, sama halnya dengan minuman-minuman kontemporer yang biasa ditemukan di kafe atau restoran besar. Salah satu bahan jamu yang bisa dimanfaatkan menjadi lebih modern adalah kunyit.

Baca Juga: Cara Membuat Kunyit Asam Sendiri

Kunyit memang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu kala. Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang populer di tanah air. Rempah-rempah yang dikenal dengan kandungan kurkuminnya ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat jamu tradisional. Biasanya tanaman kunyit banyak ditemukan di pekarangan atau kebun karena kunyit menjadi andalan bagi tanaman obat keluarga.

Selain mengandung kurkumin, didalamnya juga mengandung minyak atsiri, fosfor, zat besi, dan kalsium yang dapat bermanfaat sebagai obat batuk, meredakan radang tenggorokan, mengatasi sembelit, menurunkan demam, mencegah kanker, kolesterol, asam lambung, penyakit Alzheimer dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Khasiat Jamu untuk Kesehatan Ayam

Nah, jika Sahabat Tani merasa bosan dengan rasa jamu yang itu-itu saja, ada resep baru yang bisa Sahabat Tani coba dari Manager Food & Beverage Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung, Otto Sianturi.

Otto menjelaskan, untuk membuat minuman dari kunyit asam, Sahabat Tani bisa campurkan bahan kunyit dengan jus jeruk untuk membuatnya lebih modern, sehingga rasa yang dihasilkan lebih pas saat diminum. Selain warna yang serupa, jus jeruk dan kunyit juga punya paduan rasa harmonis ketika disatukan. Cara membuatnya cukup mudah loh Sahabat Tani.

Baca Juga: Syarat Empon-empon efektif Lawan Virus

Pertama, sediakan 60 ml jus jeruk dan 30 ml ekstrak kunyit asam. Kemudian siapkan sedikit soda jahe. Setelah bahan-bahan tersedia, campurkan jus jeruk dan ekstrak kunyit kedalam wadah gelas, lalu tambahkan sedikit soda jahe agar nantinya memberikan efek lebih hangat di tenggorokan.

Selain kunyit, ada bahan jamu lain yang bisa Sahabat Tani kreasikan menjadi lebih modern, yaitu jahe. Kata Otto, minuman soda rasa jahe alias ginger ale jadi salah satu kunci membuat racikan jamu kontemporer. Untuk minuman jahe, bahan yang perlu disiapkan adalah ekstrak jahe dan gula merah masing-masing 30 ml dan 60 ml, tambahkan dengan soda rasa jahe dan es batu. Nantinya, ekstrak jahe ini akan memberikan rasa hangat pada tubuh meskipun dicampurkan dengan es batu yang membuat minuman ini jadi dingin.

Baca Juga: Empon-Empon Favorit Jokowi Menangkal Covid-19

Soda jahe juga bisa dipakai untuk membuat minuman beras kencur yang kekinian. Untuk membuat minuman ini juga cukup mudah. Cara membuatnya, cukup campurkan ekstrak beras kencur sebanyak 30 ml dan serai yang sudah digeprek untuk memberikan aroma tambahan yang menggoda. Masukan keduanya lalu campur dengan soda jahe hingga rata. Selamat Mencoba.

Related News