• 24 February 2024

5 Tempat Agrowisata Wajib Dikunjungi

uploads/news/2021/09/5-tempat-agrowisata-wajib-4087397aeeba04b.jpg

Indonesia sebagai negara agraris tentunya memiliki banyak lahan pertanian dan perkebunan. Tidak sedikit dari kawasan pertanian dan perkebunan itu di kelola menjadi objek wisata. Tempat wisata ini disebut juga sebagai agrowisata.

Saat sahabat tani berkunjung ke agrowisata, terdapat kegiatan yang melibatkan pertanian, peternakan dan perkebunan. Biasanya yang menjadi daya tarik jenis wisata ini adalah berbagai jenis tanaman seperti sayur dan buah yang bisa para pengunjung tanam ataupun petik sendiri, atau melihat hewan-hewan peternakan seperti sapi, ayam, kambing dan hewan ternak lainnya.

Berikut ini ada rekomendasi beberapa tempat agrowisata terbaik di Indonesia versi Jagadtani.Id yang bisa sahabat tani kunjungi.

Arboretum Puslitbang

Berbahagialah untuk warga Bogor, karena ternyata Bogor memiliki tempat agrowisata yang bagus sekali untuk sahabat tani kunjungi. Tempat itu adalah arboretum Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang Hutan) Bogor. Arboretum ini merupakan tempat untuk mengkoleksi pohon-pohon. Tujuannya bisa untuk penelitian, untuk pendidikan, bahkan untuk pelestarian. Di arboretum Puslitbang ini mengkoleksi 234 jenis pohon dari seluruh Indonesia dan juga dari luar negeri.

“Beberapa jenis ada yang unik, misalnya pohon pelangi. Pohon ini sempat viral juga. Selain ada pohon unik, ada pohon langka juga di sini. Pohon langka salah satunya ada pohon eboni,” ujar Prof Hendra Gunawan, peneliti di Puslitbang Hutan Bogor.

Baca juga: Mengintip Koleksi Pohon Langka Indonesia

Saat mengunjungi tempat ini, sahabat tani juga bisa melakukan scan QR code yang terdapat di setiap pohon. Dengan scan tersebut, nantinya akan muncul informasi lengkap dari pohon yang sahabat tani temui. “Asalnya dari mana, ditanam di tahun berapa, ada datanya disini,” tambahnya.

Sahabat tani juga tidak perlu khawatir, karena masuk ke arboretum Puslitbang ini tidak dipungut biaya alias gratis, loh.

Video lengkapnya kunjungi: Explore Arboretum, Pusat Pohon Unik dan Langka

Istana Susu Cibugary

Meski Jakarta terkenal dengan suhu panasnya, ternyata ada loh peternakan sapi perah di Jakarta.
Peternakan susu cibugary ini berlokasi di daerah Jakarta Timur, dan diisi oleh lebih dari 70 sapi perah jenis Friesien Holstein (FH) dengan warna hitam putihnya yang khas. Peternakan ini juga dijuluki sebagai peternakan sapi perah terbesar di Jakarta.

Uniknya, sapi-sapi yang ada disini merupakan sapi dari zaman penjajahan belanda, loh. Kemudian, dikembangan dengan bibit sapi dari Australia, Swiss dan lainnya melalui inseminasi buatan. Berkunjung ke peternakan sapi ini gratis tanpa dipungut biaya. Sahabat tani juga bisa ikut menikmati hasil olahan dari susu sapi Cibugary ini seperti yoghurt, keju dan lain-lainnya.

Video lengkapnya kunjungi: Melihat Peternakan Sapi Perah Terbesar di Jakarta

Kuntum Farmfield

Waktu libur adalah waktu yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Nah, salah satu tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga tercinta dengan nuansa alam adalah ke Kuntum Farmfield. Di tempat ini, sahabat tani bisa menikmati keindahan alam dan memberikan sarana edukasi untuk anak-anak karena di tempat ini wisatawan akan disuguhi dengan beberapa aktifitas seru.

Berdiri sejak tahun 2000, selain bisa ikut menanam tanaman organik, disini juga disuguhkan pemandangan sawah yang menyejukan. Tak hanya itu, terdapat beberapa kegiatan alam untuk semua kalangan, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

“Untuk anak-anak TK kami perkenalkan dengan nama-nama tanaman. Anak-anak SD kami mulai ajarkan penanaman, anak-anak SMP kami perkenalkan perbanyakan tanaman. Misalnya stek, cangkok dengan biji, lalu untuk anak-anak SMA lebih dalam lagi. Untuk universitas kami memperbolehkan mahasiswa melakukan penelitian disini. Untuk dewasa kami perkenalkan tanaman-tanaman yang masih memiliki potensi-potensi untuk dikembangkan di Indonesia.” ujar Suyanto Kartosoewarno, pendiri dari Kuntum Farmfield kepada Jagadtani.Id.

Baca juga: 5 Bunga yang Bisa Dimakan

Adapun untuk tiket masuk ke wisata ini, sahabat tani akan dikenakan biaya Rp 50.000 saat weekdays dan Rp 60.000 saat weekend.

“Tanaman yang paling disukai oleh pengunjung adalah buah tin. Jenis buah tin disini, buah tin yang besar dan daunnya yang lebar seperti daun jati,” tambah Suyanto.

Video lengkapnya kunjungi: Kebun Edukasi Pertanian di Tengah Kota Bogor

Agro Edukasi Wisata Ragunan Jakarta Selatan

Agro Edukasi Wisata Ragunan merupakan program Pemprov DKI Jakarta untuk mengembangkan kawasan pertanian yang juga berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, serta tempat wisata. Di tempat wisata pertanian ini, sahabat tani bisa belajar cara urban farming alias bercocok tanam di perkotaan.

“Kami berharap masyarakat yang telah berkunjung dari sini, bisa menambah wawasan dan menambah ilmu bagaimana sih pertanian perkotaan,” ujar Kepala suku dinas (kasudin) KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan Sidabalok.

Sebelumnya, lokasi wisata ini merupakan tempat balai penyuluhan pertanian. Kemudian, Pemprov DKI Jakarta menyulapnya menjadi tempat wisata edukasi pertanian agar masyarakat lebih mengenal konsep ketahanan pangan keluarga dengan urban farming lokal.

“Selain ketahanan pangan, disini banyak tema lainnya. Misalnya superfood, lalu edible flower atau bunga yang bisa dikonsumsi, imunologi stimulator atau penambah imun, ada juga tanaman obat keluarga,” tambahnya.

Ketika pandemi, masyarakat jakarta banyak yang melakukan pertanian perkotaan untuk belajar bagaimana melakukan ketahanan pangan. Diharapkan masyarakat dapat menambah pengatahuan mengenai pertanian perkotaan. Untuk masuk ke agrowisata ini gratis tanpa dipungut biaya.

Video lengkapnya kunjungi: Wisata Agro Edukasi untuk Masyarakat Jakarta

Kebuah Buah Sedayu

Pernah dengar buah Sedayu? buah yang unik dan termasuk ke dalam buah hampir langka ini, termasuk ke dalam keluarga juwet hitam. Rasanya yang lebih enak dari juwet hitam, membuat juwet putih digemari oleh banyak orang. Salah satu yang membudidayakan buah ini yaitu Agrowisata Kebun Buah Langka Sedayu, di dusun Sindul Kidul, kecamatan Sedayu, kabupaten Bantul, Yogyakarta, yang menjual bibit sekaligus masih menanam tanaman unik ini. Kebun buah ini tak hanya menanam juwet putih saja, tapi juga menanam berbagai tanaman langka nan unik lainnya yang berasal dari seluruh indonesia maupun impor dari mancanegara.

Baca juga: Si Cantik Manis, Juwet Putih

Sebagai taman buah yang menjadi destinasi wisata hits di Bantul, Kebun Buah Sedayu tentu tidak hanya menawarkan pengalaman yang biasa. Pengunjung akan menemukan banyak koleksi buah langka di kebun buah unik ini. Karena itulah, kebun buah ini disebut kebun buah langka.

Nah, itu dia rekomendasi tempat-tempat agrowisata menarik yang wajib sahabat tani kunjungi. Jangan lupa tuliskan kesan sahabat tani setelah berkunjung ke tempat-tempat tersebut di kolom komentar ya!

Related News