• 24 July 2024

Mangrove Lestarikan Pesisir Pantai

uploads/news/2021/10/mangrove-lestarikan-pesisir-pantai-5349350933a1b71.jpg

"Insya Allah target kita bisa sesuai dengan apa yang Gubernur rencanakan soal penanaman Mangrove di selat Sunda mengingat tsunami datang beberapa tahun lalu"

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah lautan terluas di dunia. Faktanya, jumlah luas lautan di Indonesia mencapai 3.273.810 kilometer persegi dari jumlah luas wilayah Indonesia mencapai 5.139.250 kilometer persegi yang mencakup daratan dan lautan. Untuk menjaga kelestarian laut dan ekosistem di dalamnya, kini presiden Joko Widodo mengupayakan penanaman hutan Mangrove di seluruh provinsi-provinsi yang terletak di pesisir pantai.

Joko Widodo bersama Ibu negara Iriana Joko Widodo mengunjungi hutan mangrove yang berada di Taman Hutan Raya (Tahura), Ngurah Rai Kabupaten Bandung, Bali (08/10). Dalam hal ini, Jokowi berharap maanfaat hutan mangrove dapat dirasakan seluruh masyarakat. Salah satu manfaat yang telah dipaparkan ialah mangrove berperan memperbaiki kualitas lingkungan di sekitar pesisir maupun habitat di pantai.

Baca juga : Edukasi Mangrove Demi Masa Depan

Saat ini, penanaman mangrove telah banyak dilakukan dibeberapa wilayah Indonesia. Salah satunya seperti kelompok Remaja Tabur Mangrove (RTM) yangg telah berperan aktif dalam melestarikan lingkungan sekitarnya dengan menanam beberapa jenis tanaman mangrove. Abdul Ghofur, ketua RTM menjelaskan beberapa tanaman yang ditanam di tempat tinggalnya yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Jenis mangrove yang kami tanam ada Rizhovora Mucronata, Rizhovora Stylosa, Rizhovora Apiculata itu salah satu umumnya Bakau dan beberapa jenis lainnya seperti Avicennia Marina, Avicennia Alba, dan Pidada. Untuk semai bibit tiga sampai enam bulan itu sadak layak kita tanam,” jelas Ghofur, kepada reporter Jagadtani.id, melalui pesan singkat.

Pria yang akrab disapa Ghofur ini memberikan tanggapan mengenai contoh rehabilitas mangrove yang berada di Bali merupakan hal yang bagus untuk diikuti. Sebab katanya, mangrove itu sangat penting untuk Indonesia.

Baca juga : Mangrove Di Ujung Sungai Cisadane

Mangrove merupakan hutan bakau yang habitatnya berada di air payau atau air laut. Tanaman ini berasal dari kegiatan hasil budidaya yang bagian-bagiannya dimanfaatkan sebagai bahan baku tekstil dan bahan baku farmasi atau kosmetik. Mangrove berperan penting dalam melestarikan lingkungan di pesisir pantai. Salah satunya untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat hewan. Kondisi tersebut, tidak hanya merusak habitat hewan tetapi juga manusia sehingga untuk melestarikannya mangrove menjadi solusi pelindung lingkungan.

Pria kelahiran darah Sunda ini, menerangkan rencana pembangun hutan mangrove di lokasinya masih dalam proses. “Untuk pembangunan hutan mangrove belum diketahui kapan akan selesai, seiring berjalan waktu mudah-mudahan masyarakat akan sadar pada lingkungan terutama menanam pohon mangrove,” tuturnya.

Pria kelahiran 1996 ini mengatakan beberapa warga di lingkungannya sudah memiliki kesadaran dalam melestarikan tanaman mangrove. “Alhamdulillah mulai ada perubahan dari beberapa warga sekitar, yang tadi nya minim pengetahuan tentang mangrove, sekarang meskipun tidak 100% kesadarannya terbangun, pelan-pelan kami akan terus mengenalkan penanaman pohon mangrove,” ujarnya.

Baca juga : Inovasi Guludan untuk Rehabilitasi Mangrove

Ghofur berharap, semoga pohon mangrove di sepanjang pesisir Banten dapat terealisasikan, "Insya Allah target kita bisa sesuai dengan apa yang Gubernur rencanakan soal penanaman Mangrove di selat Sunda mengingat tsunami datang beberapa tahun lalu," tutupnya.

Related News