• 5 February 2023

Mengenal Congea, Si Tanaman Unik

uploads/news/2021/10/mengenal-congea-si-tanaman-242410f812292f7.jpeg

“Bunga Congea itu bunganya merambat, warnanya ungu seperti anggrek namun kalau sudah mau gugur berubah jadi abu-abu. Biasanya saat berbunga bisa tahan lama sekitar empat bulan”

Mempercantik halaman rumah dengan beberapa jenis tanaman tentu sudah hal biasa yang dilakukan. Sama halnya dengan tanaman yang satu ini. Ya, bunga Congea atau Shower Orchid merupakan tanaman rambat yang berasal dari Asia tropis. Biasanya, Sahabat Tani dapat temukan bunga ini sebagai hiasan pagar atau tanaman hias rumah, sekolah, perkantoran maupun di taman kota.

Baca juga : Tips Jitu Merawat Tanaman Bougenville

Bunga bernama latin Congea tomentosa ini tergolong bunga langka, hanya sedikit orang yang mengenalnya. Sebab, belum banyak yang menjual tanaman ini dan belum banyak yang menanamnya. Padahal, bunga ini termasuk jenis tanaman rambat cantik seperti anggrek. Suyanto Kartosoewarno, pendiri Kuntum Farmfield yang berlokasi di Jl. Raya Tajur, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, ini mengatakan bahwa bunga Congea adalah bunga unik.

“Bunga Congea itu bunganya merambat, warnanya ungu seperti anggrek namun kalau sudah mau gugur berubah jadi abu-abu. Biasanya saat berbunga bisa tahan lama sekitar empat bulan,” kata Suyanto kepada Jagadtani.id, saat ditemui di Kuntum Farmfiled.

Baca juga : Pule, Tanaman Raksasa Berselimut Manfaat

Bentuk bunganya oval dengan ujung yang runcing. Jenis tanaman ini memiliki nilai estetika yang berguna sebagai peneduh yang dapat ditemukan di hutan kota. Meskipun nama bunga ini orchid, namun bukan termasuk jenis anggrek. Saat mekar, bunga ini tumbuh ribuan kuntum berwana putih dan merah muda. Habitat aslinya, berada di hutan campuran dengan ketinggian 600-1200 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh sekitar tiga sampai lima meter saat dibudidayakan dan bisa lebih panjang berada di habitat aslinya.

Sahabat Tani dapat menanamnya menggunakan media pot atau bisa ditanam di tanah langsung dengan cahaya matahari tidak langsung seperti di tempat yang teduh. Congea ini dapat tumbuh hampir di semua jenis tanah yang membutuhkan penyiraman air secara teratur.

Baca juga : Mengenal Opium, Tanaman Produksi Taliban

Saat ini, harga bibit congea relatif bermacam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Kalau di Kuntum, katanya, bibit congea tersedia ukuran tingginya sekitar 40 sentimeter dengan harga RP. 35.000. Jika Sahabat Tani ingin memperbanyak jenis bunga ini bisa dengan stek bagian biji atau batangnya.

Baca juga: 5 Tempat Agrowisata Wajib Dikunjungi

Related News