• 16 June 2024

Mengenal 6 Alat Pertanian Modern

Pertanian menjadi bagian terpenting dalam roda perekonomian seluruh negara, termasuk Republik Indonesia. Terlebih lagi Indonesia sebagai negara agraris dengan hasil bumi, khususnya pangan melimpah. Namun untuk memenuhi kebutuhan pertanian, tentu dibutuhkan peralatan modern demi meningkatkan hasil panen para petani.

Alat pertanian modern sebenarnya peralihan dari alat yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia maupun hewan. Semakin singkatnya waktu ketika menanam, pastinya memberikan dampak dalam memotong waktu panen. Terlebih lagi pada petani padi yang membutuhkan effort besar sejak mempersiapkan sawah hingga ketika telah panen.

Peralatan pertanian pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis, dalam artikel ini Jagadtani.com hanya akan membahas 6 alat pertanian modern. Peralatan pertanian modern tersebut terdiri dari:

Cultivator
Bayangkan petani masih harus membajak dengan bantuan hewan seperti kerbau maupun sapi. Tentu tingkat efisiensi waktu tidak akan didapatkan. Dengan Cultivator, para petani dapat memaksimalkan waktu saat membajak. Fungsi dari alat pertanian modern ini bertujuan untuk membalik tanah sedemikian rupa atau istilahnya menyiapkan tanah sekunder agar hancur hingga bertekstur halus.

Traktor
Sejak diperkenalkan traktor hasil penemuan Benjamin Holt Leroy yang dipatenkan pada 1911, peralatan pertanian modern ini menjadi andalan petani. Traktor sangat penting bagi petani dalam mengolah lahan pertanian.
Saat ini traktor terbagi menjadi tiga jenis yaitu traktor tangan, traktor mini dan traktor besar dengan mengandalkan mesin berbahan bakar diesel maupun bensin.

Rotavator
Sistem kerja Rotavaor hampir sama dengan traktor. Namun Rotavator memiliki kemampuan mengolah lahan pertanian ke dalam dua langkah. Langkah yang pertama adalah rotavator berfungsi untuk mencacah tanah dengan cara membolak-balikkannya. Untuk langkah kedua, Rotavator dapat merapikan sekaligus memusnahkan tanaman liar yang dianggap menjadi hama sehingga lahan pertanian siap tanam.

Mesin Tanam Padi
Kehadiran pertama kali mesin tanam padi mampu mempersingkat proses penanaman. Jika sebelumnya membutuhkan waktu panjang dan tenaga yang banyak melalui proses manual, tentunya biaya juga semakin besar. Dengan alat tanam padi dianggap menemuan yang sangat sangat membantu para petani.

Mesin Pemanen Padi
Selain mesin tanam padi, peralatan untuk memanen padi juga sebagai langkah yang membantu petani dalam meningkatkan hasil panen. Mesin pemanen padi tentunya dapat memangkas waktu petani dalam melakukan proses panen. Selain padi, mesin ini juga tersedia untuk memanen jenis tumbuhan lainnya seperti kentang, tebu, kacang tanah dan tebu.

Mobil pick up atau truck
Dapat dibayangkan, jika hasil panen atau saat membawa bibit masih mengandalkan kendaraan yang ditarik hewan. Tentu proses pengiriman membutuhkan waktu lebih panjang. Dampaknya dapat hasil panen rusak ditengah jalan sehingga berujung kerugian besar bagi petani.

Dengan seluruh peralatan pertanian modern, tentu harapannya dapat meningkatkan hasil panen bagi para petani. Dan tentu saja berimbas dengan meningkatnya perekonomian petani, namun tetap tergantung dengan dukungan seluruh pihak agar dapat terserap dengan baik. Bukan terkena imbas para tengkulak.

Related News