• 2 March 2024

Petualangan Isuzu Traga, Kirim Gurame ke Puncak

"Kemacetan di area pariwisata bisa menjadi penanda pergerakan roda perekonomian, seperti di daerah Puncak, Bogor. Jika banyak wisatawan maka daerah tersebut akan mengalami kepadatan, tentunya berimbas positif pada ramainya pengunjung rumah makan sehingga pemesanan ikan meningkat."

Usaha turun temurun dari tiga generasi, yang diawali dengan mengandalkan sistem pikul (panggul). Kini U.D Mekar Sari telah mengunakan kendaraan, termasuk Isuzu Traga. Berbagai rumah makan atau restoran besar di daerah Puncak - Bogor hingga Jakarta selalu melakukan repeat order pada penyedia ikan air tawar ini. Hal ini yang membuat mereka lebih menyukai kepadatan lalu lintas sebagai penanda ramainya daerah wisata di sekitar Puncak - Bogor ini.

Petualangan Isuzu Traga kirim Ikan Air Tawar"Petualangan Isuzu Traga kirim Ikan Air Tawar"
 
U.D Mekar Sari berkonsentrasi menyediakan ikan air tawar, seperti Gurame, Patin, Lele, Nila Hitam maupun putih dan seluruh jenis ikan air tawar. Untuk pengiriman ikan air tawar, U.D Mekar Sari memiliki jangkauan dari daerah Puncak - Cianjur, Kota Bogor hingga Kota Jakarta. Dan untuk pengiriman ikan dilakukan dengan mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Saat ini U.D Mekar Sari menggunakan Isuzu Traga.

Menggunakan Isuzu Traga diakui Herdiansyah sebagai salah satu penerus usaha bisnis ikan air tawar akan lebih menguntungkan. "Kapasitas membawa ikan mengunakan drum lebih banyak dibandingkan mobil lainnya sehingga dalam sekali pengiriman ikan Gurame dapat menuju ke beberapa rumah makan. Tentu konsumsi bahan bakar diesel atau solar menggunakan Isuzu Traga lebih irit, jadi mengeluaran BBM makin hemat."

Herdiansyah - UD Mekarsari"Herdiansyah - UD Mekarsari"
 
Hal ini tentu berkat dimensi Isuzu Traga yang memiliki panjang 4.520mm x lebar 1.750mm dan tinggi 1.985mm dengan luas kargo 4,6 meter persegi. Secara kapasitas daya angkut, Isuzu Traga dapat mencapai 2.950 kilogram.

Dalam mengantarkan ikan Gurame ke daerah puncak dengan berbagai medan menanjak, tentu bukan kendala besar bagi Isuzu Traga. Terlebih dengan mengandalkan mesin Common Rail 4 silinder berkode 4JA1-CR dengan kapasitas 2.500cc telah dilengkapi VGT Turbo Intercooler, Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) hasilnya emisi gas buang Isuzu Traga telah berstandar EURO4. tenaga 80 PS dan torsi 19.5 kg.m pada 1,800 – 2,400 rpm.

Sementara untuk mengatasi kemacetan yang terkenal di daerah puncak, Herdiansyah mengakali dengan waktu keberangkatannya. "Saat diprediksi jalur puncak akan macet maka keberangkatan pengiriman ikan dilakukan sejak pagi hari. Seandainya terjebak macet bisa menggunakan jalur alternatif yang cukup sempit, tetapi bukan kendala dengan Isuzu Traga."

Isuzu Traga"Isuzu Traga"
Jalan sempit sangat mudah dilibas menggunakan Isuzu Traga Isuzu Traga yang memiliki radius putar 4,5 meter. Sedangkan medan di jalan alternatif yang relatif rusak juga tidak masalah bagi Isuzu Traga yang telah menggunakan suspensi suspensi double wishbone dengan coil spring untuk depan dan multi leaf spring di bagian suspensi belakang.
 
Walau harus menembus kemacetan selama Petualangan Isuzu Traga mengantarkan ikan air tawar, Herdiansyah tidak khawatir karena telah terpasang audio blueooth hingga hembusan blower dapat memberikan kenyamanan. Sedangkan unsur keamanan pada kabin Isuzu Traga telah terdapat APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan juga Retracble seatbelt yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh pengemudi. 

Dan pastinya Sahabat Tani yang mengunakan Isuzu Traga dapat memperoleh keuntungan.

 

 

Related News