• 24 February 2024

Beragam Kegiatan Sukses Diadakan Pada Aquafest 2023

Jagadtani - Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) FPIK IPB University melalui Aquaculture Festival (Aquafest) 2023 dengan beragam kegiatan didalamnya. Acara yang diadakan pada 14 - 15 Oktober 2023, bertempat di Mall @ Alam Sutera, Tangerang

Selain menggelar kontes ikan hias dan aquascape, pada hari pertama digelar talkshow dengan tema “Strategi Bisnis dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias dari Rumah”.

Ikan mas koki di Aquafest 2023"Ikan mas koki di Aquafest 2023"

Tema tersebut diangkat berdasarkan tingginya peluang potensi usaha ikan hias di Indonesia yang belum dapat dijangkau oleh masyarakat dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. 

Talkshow ini dimoderatori oleh Daffanabil Reyhan selaku owner dari Aquacare. Rangkaian acara Talkshow dihadiri oleh Richie Budiman yang merupakan Founder of  Buddyfish dan Noor Achlis selaku Direktur PT Mina Akuatik Nusantara.

Talkshow kali ini berfokus pada pembahasan peluang usaha ikan hias asli indonesia yang dibawakan oleh pak richie dan strategi bisnis ekspor ikan hias. Diskusi santai yang dibawakan dalam sesi talkshow ini memberikan kesempatan para audiens dan pembicara untuk bertukar pikiran secara dua arah.

Sedangkan pada kontes ikan hias mas koki, sebanyak lebih dari 250 peserta ikut serta. Para peserta tersebut memperebutkan juara dari tujuh kelas berbeda. Untuk jenis ikan mas koki yang diperlombakan adalah Ranchu, Oranda dan Ryukin.

Kontes ikan mas koki - AQUAFEST 2023"Kontes ikan mas koki - AQUAFEST 2023"

"Untuk sistem penjurian masih menggunakan sistem yang telah menjadi pakem pada kontes ikan mas. Poin diberikan dari hasil pengamatan juri yang melihat dari segi postur, kerapian hingga warna." Ungkap Reyner sebagai juri dalam AQUAFEST 2023.

Dengan suksesnya serangkaian kegiatan dalam aquafest 2023, tentu membuktikan pasar ikan hias masih peluang sebagai bidang usaha.

 

Related News