• 2 March 2024

Harga Cabai di Bekasi, Bikin Pedas Pembeli

Jagadtani - Melanjutkan informasi tentang kenaikan harga cabai yang menyentuh angka Rp100 ribu, termasuk di pasar Induk Kramat Jati. Sedangkan di beberapa pasar di daerah Jabodetabek, harga cukup bervariasi mulai dari Rp70 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga tersebut untuk Cabe rawit merah setiap kilogramnya. Harga tersebut sesuai dengan laman info pangan Jakarta. 

Sementara harga cabai di beberapa pasar yang berada di Bekasi juga mengalami kenaikan harga, angka kenaikan cukup bervariasi di mulai dari Rp65 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram untuk cabai rawit merah. Namun juga ada yang menawarkan dengan harga di atas nilai tersebut. 

Dari hasil pantauan tim Jagad Tani yang mengunjung pasar Induk Cikarang dan Bantar Gebang, Bekasi. Harga cabai rawit merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, Cabe rawit merah dibanderol dengan harga Rp70.000/kg, Cabe merah kering Rp65.000 per kilogram, cabe rawit hijau Rp60.000 dan cabe merah besar Rp65.000 per kilogram.

Harga Cabai hari ini"Harga Cabai hari ini"
 
Menurut pedagang cabe, harga belum final karena kemungkinan masih akah ada kenaikan lagi. "Kenaikan harga tergantu dari distrbutor, angkanya juga tidak menentu sehingga bisa tiba - tiba naik drastis. Beberapa hari lalu, harga cabe rawit merah masih enam puluh ribuan per kilonya. Tapi hari ini sudah Rp70.000 untuk setiap kilogram. Mungkin besok bisa naik lagi karena di pasar induk sudah tinggi," ujar Anto - pedagang Cabe di pasar Bantar Gebang.

Memang jelang akhir tahun, kenaikan harga cabai hingga bahan pokok lainnya kerap terjadi. Terlebih minimnya stok dengan permintaan tinggi menjadi penyebab utama kenaikan harga cabai. Namun kini kekhawatiran dari pedagang adalah penyerapan atau penjualan diperkirakan terdampak. Cabai yang dapat layu dan kering sehingga daya beli akan menurun. 

Harga cabe di Bekasi"Harga cabe di Bekasi"
 
Sedangkan perubahan iklim atau El Nino disinyalir penyebab utama karena hasil panen menjadi lebih sedikit. Kekurangan air di berbagai daerah membuat tanaman cabai tidak dapat berkembang hingga berbuah lebat, dibandingkan dalam kondisi normal. Sistem irigasi diharapkan dapat menjadi solusi bagi petani cabai. 

 

Related News