• 20 July 2024

Mengenal Karakter Pakan Ikan dan Kandungannya

Jagadtani - Dalam memelihara ikan, tentunya pakan menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diberikan. Namun dengan bentuknya yang sama, membuat sebagian pemula akan kesulitan dalam memilih pakan ikan. Namun yang pasti, karakter pakan ikan di bagi dalam ukuran, sifat dan kandungannya.

Untuk yang pertama dibahas tentang kandungan dari pelet atau pakan ikan, yakni karbohidrat, protein dan lemak. Secara perbandingan , setiap pakan ikan diharapkan memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut: protein (35%), lemak (10%), karbohidrat (8%), dan dilengkapi dengan kandungan vitamin A, E, B12, D3; serat (3 %), dan nutrisi lainnya.

Selanjutnya mengetahui dari sifatnya, pakan ikan yang biasa tersedia dipasaran. Pada dasarnya akan terbagi dalam dua, yakni mengapung dan tenggelam.

Mengenal Karakter Pakan Ikan dan Kandungannya"Mengenal Karakter Pakan Ikan dan Kandungannya"

Pakan ikan tenggelam memiliki karakter akan melayang beberapa saat di dalam air dan kemudian jatuh ke dasar kolam ketika ditebar. Biasanya pelet ini digunakan pada budidaya ikan nila dan ikan mas pada sistem budidaya air deras. Biasanya harga pelet atau pakan ikan tenggelam akan lebih murah dari pelet ikan mengapung karena prosesnya lebih sederhana.

Pakan ikan mengapung, akan tetap mengapung dipermukaan kolam ketika ditebar. Biasanya pelet atau pakan ikan akan tetap mengapung di permukaan air dalam kurun waktu lama. Dengan harga yang cenderung lebih tinggi dibanding pelet tenggelam, pakan ikan ini mengandung nutrisi lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan ikan sehingga pertumbuhannya akan lebih optimal. Keuntungan penggunaan pelet terapung adalah mudah mengontrol jumlah pakan yang diberikan dan tidak termakan. 

Jenis ikan yang cocok diberikan pakan ikan mengapung adalah ikan lele, ikan patin, ikan nila, dan ikan air tawar lainnya. Sedangkan sistem budidaya yang kerap menggunakan pakan ikan mengapun model air diam atau seperti kolam maupun empang.

Mengenal Karakter Pakan Ikan dan Kandungannya"Mengenal Karakter Pakan Ikan dan Kandungannya"

Untuk bentuk pakan ikan terbagi dalam tiga ukuran atau jenis, tujuan pemberian pakan ikan demi menyesuaikan dengan ukuran mulut (bukaan mulut) dan usia ikan. Ukuran pakan yang terlalu besar maka akan menyulitkan ikan dalam mengkonsumsinya sehingga pertumbuhannya menjadi terganggu. 

Berikut penjelasan tentang bentuk atau ukuran pakan ikan:

Pakan berbentuk tepung (mash) merupakan pakan yang paling mudah diberikan. Pembudidaya bisa membeli pakan ini dalam bentuk tepung halus untuk ikan berukuran kecil maupun anakan ikan yang masih berusia kecil.

Pakan berbentuk butiran kecil atau pelet biasanya telah mengandung nutrisi lengkap sehingga dianggap lebih efisien karena tidak perlu repot memberikan berbagai jenis pakan. Kandungan jenis pakan ini membuat harganya lebih tinggi dibandingkan pakan jenis tepung. Biasanya pakan atau pelet akan diberikan pada ikan konsumsi yang dipelihara di kolam konvensional atau keramba jaring apung.

Pakan berbentuk butiran pecah (crumble) merupakan pakan yang sengaja dipecah dengan tujuan memperkecil ukurannya sehingga mudah dikonsumsi oleh ikan.

 

 

 

Related News