• 28 February 2024

Dua Bahan Penangkal Egg Binding Pada Murai

uploads/news/2023/11/dua-bahan-pemangkal-egg-985515e341a006c.jpg

Jagadtani - Bagi Sahabat Tani yang telah terbiasa mengalami egg binding pada burung Murai, tentu telah mengetahui cara mengatasinya. Berbeda bagi kicau mania yang baru memulai beternak burung Murai Batu.

Pada umumnya egg binding terjadi pada burung Murai Batu yang masih muda atau baru pertama kali belajar bertelur. 

Masyarakat mengenal egg binding atau telur melintang sehingga sulit untuk dikeluarkan oleh burung betina. Biasanya burung yang kesulitan mengeluarkan telur akan berdiam diri di pojokan kandang dengan mata terpejam, sayap terbuka dan nafas terengah-engah. 

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Sahabat Tani harus mengetahui penyebabnya. Egg binding dapat terjadi pada burung kicauan lainnya karena asupan kalsium tidak terpenuhi. 

Tanpa kalsium, biasanya bakal telur akan lengket pada bagian dinding reproduksi yang disebabkan cangkang telur tidak dapat mengeras. 

Oleh sebab itu, asupan nutrisi pada burung yang diternakan harus terpenuhi. Burung betina yang terkena egg binding akan kesulitan dalam mengeluarkan telur. 

Bila Sahabat Tani terlambat melakukan penanganan, akibatnya dapat fatal, burung murai betina dapat mati.

Untuk mengatasi egg binding, Sahabat Tani dapat memisahkan indukan betina murai di kandang kecil. Periksa bagian pangkal kalinya, jika terasa ada benjolan kecil maka ada telur yang tidak dapat dikeluarkan. 

Namun bila indukan betina murai terlihat lemas, tidak ada salahnya memberikan Super N sebanyak dua tetes saja. Dalam menetaskan, sebaiknya pada ujung paruhnya agar burung yang meminumnya sendiri. 

Selanjutnya dua Bahan Penangkal, yakni minyak kelapa dan minyak kayu putih dapat dioleskan pada bagian pangkal ekor burung. Biasanya, telur akan keluar beberapa saat dengan kondisi pecah. 

Jika burung betina tersebut terlihat telah bugar, Sahabat Tani dapat kembali memasukan pada penangkaran agar tidak mengulang proses penjodohan.

Setelah itu, pastikan seluruh nutrisi untuk burung terpenuhi. Sahabat Tani dapat memberikan pecahan telur dan sotong yang telah dihaluskan. Berbagai vitamin yang khusus untuk burung ternak juga dapat diberikan.

Selamat mencoba..

 

Related News