• 20 July 2024

Perbandingan Keuntungan Ternak Bebek Vs Entok

"Keduanya merupakan unggas yang memiliki daya tahan hampir sama, tetapi yang lebih menguntungkan sangat tergantung dari segi perawatannya.

Jagadtani - Antara bebek dan entok hampir memiliki kesamaan karakter sehingga banyak yang memperdebatkan tentang untung maupun rugi selama beternak kedua unggas inu.

Perdebatan dalam budidaya bebek maupun entok masih seputar perawatan dan tentunya keuntungan. Namun yang harus dipahami adalah hasil panen dari keduanya cukup berbeda. 

Kebanyakan Sahabat Tani yang beternak bebek dan entok akan mengincar daging sebagai hewan potong. Kecuali bila mengincar telur pada budidaya bebek maka akan berbeda perbandingannya. 

Anak bebek Peking "Anak bebek Peking "

Berdasarkan hal tersebut, faktor yang dapat diperhatikan dalam beternak entok maupun bebek adalah:

Perawatan bebek vs entok

Kedua unggas ini dikenal memiliki daya tahan yang cukup bagus sehingga merawatnya lebih mudah. Tetapi beberapa petani berpendapat bahwa ternak entok lebih mudah dibandingkan bebek.

Hal ini disebabkan, biasanya peternak bebek menargetkan harus panen dalam waktu tertentu (40 - 45 hari) sehingga bobot atau ukurannya harus dikejar agar masuk dalam memenuhi restoran atau tempat makan.

Sedangkan entok, pertumbuhannya akan berjalan sesuai waktu dan tidak terpatok pada ukurannya.

Biaya pakan entok vs bebek

Berdasarkan target waktu untuk melakukan panen, tentunya pakan bebek akan membutuhkan lebih banyak biaya. Biaya pakan bebek dianggap lebih tinggi karena menggunakan pakan pabrikan yang terkadang dicampur ampas tahu agar menyiasati biaya pakan. 

Untuk mengejar target, pakan bebek pun diberikan lebih sering dibandingkan entok. Dalam sehari, peternak bebek dapat memberikan pakan sebanyak empat kali dalam sehari. 

Ternak entok Hasilkan cuan"Ternak entok Hasilkan cuan"

Sedangkan entok, cukup diberikan sebanyak dua kali sehari. Untuk pakan entok dapat berupa pur hingga campuran sayur mayur dari sisa rumah tangga. 

 Perputaran modal ternak bebek vs entok

Jika diperhatikan, beternak bebek akan lebih cepat perputaran modal dengan siklus 1,5 bulan. Hal ini tergantung dari masa panen bebek yang berkisar 40 - 45 hari. 

Sedangkan pada entok pedaging yang mengunakan sistem mengejar target panen maka bisa menembus 55 hari. Berbeda dengan entok sistem umbar yang membutuhkan waktu diatas lima bulan.

Dengan demikan, keduanya tentu memiliki keunggulan yang tidak bisa dibandingkan. Bila masa waktu panen bebek lebih singkat, tetapi secara total pengeluaran biaya pakan tetap tinggi.

Sedangkan entok yang relatif lebih lama masa panennya, tetapi biaya pakannya tidak sebesar bebek. 

Kesimpulan kami, kedua unggas ini memiliki keuntungan yang setara untuk diternakan. Tergantung dari sudut pandang Sahabat Tani.

 

Related News