• 18 July 2024

Mengetahui Kandungan Nutrisi Pada Daun Kelor

uploads/news/2024/06/daun-kelor-memiliki-kandungan-85646fd127e520b.jpg

"Tidak hanya dikenal berguna untuk hal mistis, daun Kelor dengan kandungan nutrisi tinggi juga dapat mengatasi dalam menyembuhkan penyakit kronis."

Jagadtani - Tanaman kelor sering digunakan sebagai pagar hidup di sebagian besar daerah di Indonesia. Terbukti pada beberapa wilayah di Indonesia khususnya di daerah-daerah yang masih memiliki lahan hijau, tanaman daun kelor memiliki berbagai macam fungsi, salah satunya adalah sebagai tanaman penghijau. 

Kelompok Tani Organik Hita Karana di Desa Lokapaksa, Seririt, adalah salah satu kelompok yang sering melakukan pembangunan menggunakan tanaman kelor.

Pembangunan yang dimaksud adalah penggunaan kelor sebagai pagar hidup dan tanaman penghijau dapat menjadi solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk pembangunan di daerah pedesaan atau pertanian.

Daun kelor (Moringa oleifera) tidak membutuhkan perawatan ekstra, media yang digunakan untuk pembibitan hanya campuran tanah dan kompos yang dimasukkan ke dalam polybag.

Pohon Kelor memiliki banyak manfaat dari setiap bagian tumbuhannya, mulai dari daunnya, buahnya, bijinya, batangnya, akarnya, bunganya, kulitnya, hingga bibitnya. Bahkan kelor memiliki harga yang sangat mudah dijangkau mulai dari Rp. 5000, dengan harga tersebut kelor sangat kaya akan nutrisi karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, protein, dan berbagai mineral lainnya.

Selain kandungan serat yang tinggi, kelor kaya akan antioksidan seperti quercetin dan klorogenik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit kronis.

Berkat kandungan vitamin dan antioksidannya, daun kelor dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan rambut, menjaga kelembutan dan mencegah kerusakan.

Bahkan kandungan nutrisinya yang tinggi, daun kelor sering digunakan dalam program – program untuk mengatasi malnutrisi di berbagai negara berkembang.

Untuk mengolah daun Kelor, ada beberapa langkah. Namun pada umumnya ada yang lebih menyukai dimasak selayaknya sayur bayam. Tetapi juga ada yang hanya merebus daun Kelor, dipercaya air hasil rebusan mengandung berbagai senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

Sumber: 

Trisnawati, Y. (2011). Berjuta Manfaat Kelor. Bogor. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. 

Related News