• 18 July 2024

Andalkan Indukan Berkualitas, Farm 68 Sediakan Domba Jumbo

"Memiliki keunggulan berkat indukan domba berkualitas, Farm 68 yang berada di Depok memastikan menyediakan anakan domba hingga calon indukan berkualitas. Dengan sistem crossing membuat pertumbuhan domba pedaging lebih mudah dirawat dan cepat pertumbuhannya."

Jagadtani - Beternak domba dianggap lebih menguntungkan bagi sebagian peternak karena permintaan pasar daging domba cukup diminati. Namun tentunya harus didukung domba berkualitas yang dapat membuat peternak meraih keuntungan. 

Farm 68 yang berada di Depok, selain bertujuan memberikan edukasi pada siswa Sekolah Alam juga fokus pada penyedia anak domba dari hasil breeding sendiri. Domba sengaja dipilih dibandingkan kambing, menurut Ahmad Masudi sebagai pemilik Farm 68 karena pemberian pakan domba lebih mudah dan tidak rewel sehingga lebih mudah perawatan. 

Sistem koloni diterapkan pada Farm 68 "Sistem koloni diterapkan pada Farm 68 "

"Ada beberapa macam jenis domba yang dihasilkan dari Fram 68, mulai dari jenis domba Texel, Lokal dan F1 Droper. Sedangkan domba pejantan menggunakan jenis Droper Fullblood dan Droper F1. Seluruh jenis tersebut kami crossing sehingga dapat menghasilkan genetik yang lebih unggul dengan pertumbuhan tubuh lebih cepat seperti halnya indukan pejantan." ungkap Ahmad Masudi pada tim Jagadtani.

Dengan melakukan crossing yang diterapkan Ahmad Masudi dapat mengalami kenaikan 30 persen. "Hasil crossing ini dapat memangkas waktu pemeliharaan yang mencapai 30 persen. Bila sebelumnya membutuhkan waktu setahun untuk mencapai bobot sesuai kebutuhan potong maka dengan sistem crosing ini cukup membutuhkan waktu sekitar 9 - 10 bulan saja. Bobot pada usia tersebut dapat mencapai 20 kilogram sehingga masuk untuk disembelih dan dikonsumsi dagingnya." Lanjut Ahmad Masudi.

Ahmad Masudi pemilik peternakan domba Farm 68 "Ahmad Masudi pemilik peternakan domba Farm 68 "

Sistem koloni diadopsi oleh Ahmad Masudi yang jumlah betina 5 atau 10 ekor dengan seekor pejantan. Cara ini lebih mudah untuk perawatannya hingga memastikan terjadinya perkawinan silang antar jenis. Berbeda dengan sistem kandang satuan yang membutuhkan waktu banyak dalam proses perkawinan domba.

"Sistem koloni ini dilakukan selama dua bulan, setelah dipastikan indukan betina telah hamil, maka pejantan harus segera dipisah dengan tujuan para betina dapat fokus dalam memperbaiki asupan nutri di dalam tubuh. Untuk nutrisi yang harus dicukupi dalam proses kehamilan domba adalah serat, karbohidrat dan protein." ucap Ahmad Masudi.

Kandang domba Farm 68 Depok"Kandang domba Farm 68 Depok"

Selain menjual anak domba yang siap besarkan, Farm 68 juga menyediakan calon indukan domba berkualitas. "Untuk calon indukan bisa dalam berbagai pilihan, mulai dari paketan koloni yang masih kosong (belum hamil) maupun yang ingin telah isi (hamil)." Pungkas Ahmad Masudi.

 

 

Related News