• 1 March 2024

Tips Budidaya Hoya, Tanaman Asli Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kekayaan alam hewan dan tumbuhan. Ada banyak tanaman unik dan menarik yang berasal dari hutan-hutan di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. 

Tanaman-tanaman unik ini biasanya tergantung di halaman rumah dengan media yang mudah maupun tanpa media tanam hanya cukup digantung saja. Sedangkan untuk habitat aslinya, tanaman ini tumbuh menempel dengan pohon-pohon besar lainnya. Dari bentuk daun, warna, bunga, hingga perawatannya yang cukup membuat tanaman ini menjadi banyak pilihan di masyarakat.

Hoya merupakan salah satu tanaman jungle plan yang menjadi favorit di kalangan bule untuk menjadi koleksi dirumahnya yang banyak disebut dengan hidden gem. Hoya ini merupakan tanaman yang berasal dari hutan Indonesia. Memiliki jenis yang berbeda-beda dari setiap daerahya, sehingga membutuhkan proses yang lebih panjang, karena terdapat proses aklimatisasi yang merupakan trik khusus agar hoya ini tidak mudah tumbang.

Baca juga : Konsisten Tanaman Hias Premium Kunci Keberhasilannya

Perawatan tanaman hias hoya ini bisa dibilang gampang-gampang susah, seperti Glenn Puput salah satu penghobi tanaman hias hoya memberikan teknik pembudidayaan hoya

“Dalam membudidayakan hoya itu susah-susah gampang ya, karena kan hoya merupakan tanaman yang mudah beradaptasi namun melalui proses aklimatisasi, tapi setelah dia aklimatisasi dia akan mudah sekali bertumbuh, dengan perawatan yang sangat baik maka hpya akan memberikan hadiah seperti daun yang cantik dan bunga yang indah.” Ujar Gleen saat diwawancarai tim Jagadtani

Menurut Glenn, hoya juga salah satu tanaman yang memang spesiesnya langka, bahkan ada beberapa yang sudah punah juga. Karena sumber paling banyak spesies hoya ada di Indonesia. Seperti beberapa jenis hoya populer yang Glenn miliki seperti Clemensiorum, Challistophylla, dan SP Tanggamus. Ia memiliki kurang lebih ada sekitar 200 jenis spesies lebih hoya.

Selain di Indonesia, hoya juga banyak diminati di beberapa negara lain seperti Eropa, Amerika, Jepang, bahkan Thailand dan Singapura ikut membudidayakan tanaman hoya tersebut.

 Baca juga : Unik Ini Tanaman Jenggot Nabi

Bukan hanya sekedar hobi, Gleen juga memasarkan tanaman hoya miliknya melalui live sale yang dia adakan setiap bulannya dan jenis yang ditawarkan tidak sembarangan dengan hasil yang memuaskan.

“sebenarnya untuk bicara provit kita proses penjualannya melalui live sale Instagram, tanaman yang ditampilkan juga pastinya tanaman yang sudah siap jual dan siap untuk dirawat. Untuk penghasilannya kita bisa mencapai 15 - 30 juta." tutup Glenn

Related News