• 7 July 2022

Tips Merawat Bunga Potong Tetap Segar

Bunga merupakan salah satu pilihan tepat untuk Sahabat Tani yang ingin menghias rumah ataupun sudut ruangan favorit. Selain memperindah, meletakkan bunga segar di rumah juga bisa mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan banyak manfaat lainnya untuk tubuh kita loh.

Sahabat Tani pasti tahu kalau bunga-bunga potong rangkaian itu tak bisa bertahan selamanya, butuh perawatan khusus agar mereka tetap segar dan tidak cepat layu. Aji Abdurrahman, salah satu pedagang bunga di pasar Rawa Belong, Jakarta Barat memberikan tips khusus untuk Sahabat Tani bagaimana cara merawat bunga potong agar tetap segar di dalam rumah.

Baca juga: Tips Merawat Mawar Tumbuh Subur

“Pertama, kalau mau beli untuk acara yang akan datang dua atau tiga hari sebelumnya beli yang masih kuncup jadi ketika hari H bunganya baru mekar dan wangi, selanjutnya ketika membeli minta dipotongin ujung batangnya sedikit biar awet dan nggak terlalu panjang,” saran Aji.

Menurut pria yang sejak 1987 sudah menjadi pedagang bunga itu, memotong batang bunga yang tepat bisa membantu bunga lebih tahan lama. Nah cara yang tepat itu adalah dengan memotong satu sampai dua inci batang bagian bawahnya secara miring.

Baca juga: Krisan, Populer ke Seluruh Dunia

Memotong dengan cara miring bisa membuat bunga agar memiliki area yang lebih luas untuk menyerap air. Sehingga asupan air yang didapatkan bunga akan lebih baik daripada dipotong dengan cara yang rata. Namun jangan lupa untuk memotongnya secara berkala. Sahabat Tani bisa melakukannya bersamaan dengan jadwal mengganti air dalam vas.

“Ngasih airnya jangan kebanyakan, kurang lebih 2-3 cm dari batang karena kalau kebanyakan nanti malah cepat busuk. Waktu pas malam bisa dikeringin dulu karena kan kalau malam dingin udaranya jadi tetap segar. Ya kalau bunga gini mah didalam rumah bagus walaupun nggak kena matahari nggak apa-apa,” tambah Aji.

Kebersihan vas juga menjadi hal yang harus diperhatikan agar bunga segar tidak mudah layu. Sebab vas bunga yang kotor akan membuat adanya pertumbuhan mikroorganisme. Hal ini akan membuat bunga segar jadi cepat layu.

Baca juga: Bandung, Penghasil Sedap Malam Terwangi

Related News