• 6 October 2022

Anggrek Hitam, Bunga Eksotik Nan Berkhasiat

uploads/news/2022/08/anggrek-hitam-bunga-eksotik-97722d5fae34f0e.png

Anggrek Hitam yang termasuk dalam tanaman langka karena sangat jarang untuk ditemui. Dengan nama latin Coelogyne pandurate, Anggrek Hitam hanya dapat ditemui di daerah tertentu di pulau Kalimantan dan Papua. Untuk di Kalimantan, tumbuhan dengan bunga berwarna hitam (Coelogyne pandurate Lind) ini telah dilindungi oleh undang -undang di kabupaten Kutai Barat.

Sementara Anggrek Hitam dari Papua (Dendrobium atroviolaceum Rolfe) yang masuk dalam jenis Anggrek bersifat epifit (hidup menumpang pada tumbuhan lain tetapi tidak merugikan inang). Hal ini yang membuat Anggrek Hitam Papua sangat sulit ditemui dan hanya dapat dilihat di alam. Hingga saat ini masih belum ada yang berhasil membudidayakan.

Baca juga: Jatuh Cinta Berkat Keindahan Bunga Anggrek

Dari segi karakter, Anggrek Hitam Papua dan Kalimantan memiliki perbedaan. Memang keduanya berwarna hitam tetapi morfologi nya berbeda. Anggrek Hitam Papua memiliki kelopak bunga berwarna hitam legam dengan bagian putik dan benang sari berwarna merah muda keunguan.

Sedangkan Anggrek Hitam Kalimantan yang menjadi maskot flora daerah Kalimantan Timur memiliki warna kelopak bunga berwarna kehijauan, untuk bagian putik dan benang sari berwarna hitam. Untuk bunga, biasanya Anggrek Hitam berbunga pada Maret hingga Juni. Namun ada juga yang mengatakan karakternya cenderung rajin berbunga.

Selain keindahan yang membuat pencinta Anggrek memburunya, ternyata Anggrek Hitam memiliki khasiat untuk menyembuhan sakit diare, menghentikan pendarahan pada Rahim, menghilangkan rasa mual dan mengobati sakit maag. Bunga Anggrek Hitam dengan beragam khasiatnya.

Dengan keindahan yang eksotik dan memiliki khasiat, membuat Anggrek Hitam dari Papua maupun Kalimantan telah masuk dalam ambang kepunahan. Terlebih para ahli mengatakan untuk mengembangbiakan sangat sulit, hanya sekitar 20%-30% saja.

Baca juga: 69 Tahun, Quick Tractor Sukses di Dunia Pertanian

Masuk sebagai kategori tumbuhan langka dan dilindungi dari perdagangan anggrek sesuai dalam Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Liar Hewan dan Tumbuhan Langka (CITES) Appendix I dan II. Membuat Anggrek Hitam Kalimantan dan Papua dapat bernilai ratusan juta rupiah.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah Anggrek Hitam yang dijual secara online memang asli atau hasil persilangan? Mungkin Sahabat Tani dapat berbagi info dengan kami.

 

 

Related News