• 21 April 2024

Jangan Salah, Kenali Ciri Susu Kambing Murni

"Kebersihan kandang juga juga salah satu faktor penting dalam menghasilkan susu yang murni.."

Gizi yang berlimpah tersebut membuat segelas susu kambing diyakini memiliki dampak dan manfaat bagi kesehatan. Susu kambing memang mungkin belum sepopuler susu sapi untuk dikonsumsi masyarakat dunia. Kedua jenis susu ini memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing.

Secara manfaat diketahui susu kambing lebih unggul dibanding susu sapi. Sebab, susu kambing tidak memiliki kandungan lemak yang banyak seperti susu sapi. Kalau dari tampilan fisik susu kambing juga terlihat agak lebih putih daripada susu sapi. Susu sapi memiliki warna agak kekuning-kuningan.

Nah, Sahabat Tani sudah tahu belum bagaimana cara membedakan susu kambing yang murni dan asli? Rizky Desanto, Pembudidaya kambing perah yang memiliki farm di daerah kali suren, parung, Jawa Barat ini memberikan tips bagaimana ciri-ciri susu kambing yang bagus untuk tubuh kita.

Baca juga: Diet Enak dengan Susu Kambing

“Pertama sebelum bahas susunya kita bahas kambingnya dulu yang layak untuk diperah seperti apa. Kalau dari fisik sih ambingnya si kambing itu harus besar struktur tubuh bagus, panjang, tinggi, terus sehat. Kebersihan kandang juga juga salah satu faktor penting dalam menghasilkan susu yang murni, ibaratnya kita kalau tinggal di rumah kotor kan ngga nyaman juga ya,” ujar pria yang juga hobi masak itu.

Risky menyampaikan, manajemen kandang yang baik yaitu kita sebagai peternak harus memperhatikan semua faktor. Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dan anak buah kandang yang handal karena kalau tidak akan kewalahan. Anak buah kandang yang baik adalah harus mengecek setiap hari kambing-kambing yang ada, anak-anak kambing yang baru lahir, sampai kambing yang sedang hamil.

Baca juga: Tahap-Tahap Memeras Susu Kambing Secara Benar

“Kebersihan, pakan, tim di kandang harus lebih teliti lagi. Kalau disini pakan yang kita gunakan kebetulan kita pakai odot yang kita produksi sendiri, konsentrat sebagai pakan tambahan untuk pelengkap nutrisi. Nah ciri-ciri susu kambing yang murni dan layak diminum yaitu tidak amis, tidak asem, rasanya gurih, sedikit manis, dan asin,” pungkasnya.

Pria yang memiliki brand Juragan Kambing Farm itu juga mengatakan susu kambing juga memilik tekstur yang berbeda dengan susu sapi. Susu sapi tidak memiliki bau yang terlalu kuat dan rasanya lebih creamy. Sedangkan susu kambing memiliki tekstur yang relatif lebih cair.

Baca juga: Raup Ratusan Juta dari Ternak Etawa

Related News